Selasa, 23 Juli 2024

Tim SAR Temukan WNA Asal AS yang Hilang saat Surfing di Mentawai


  • Rabu, 12 Juni 2024 | 22:00
  • | News
 Tim SAR Temukan WNA Asal AS yang Hilang saat Surfing di Mentawai Tim SAR evakuasi peselancar AS yang meninggal di Mentawai Foto Antaranews

MENTAWAI, ARAHDESTINASI.COM - Search And Rescue (SAR) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat berhasil menemukan dan mengevakuasi seorang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Amerika Serikat (AS) yang hilang saat berselancar (surfing).

"Korban atas nama Erick telah ditemukan SAR gabungan dengan jarak 1,16 nautical mile arah utara dari koordinat awal perkiraan korban dilaporkan hilang," kata Kepala SAR Kabupaten Kepulauan Mentawai Rudi di Padang, Rabu (12/6/2024)

WNA asal Negeri Paman Sam tersebut dilaporkan hilang di Perairan Pulau Pitojat Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai saat berselancar. Setelah menerima adanya laporan turis yang hilang, tim SAR gabungan langsung bergerak menggunakan kapal cepat menuju Sikakap.

Namun, saat ditemukan, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. Untuk memastikan, tim SAR bergerak cepat membawa Erick ke Puskemas Sikakap dan dinyatakan secara medis meninggal dunia.

"Kondisi korban meninggal dunia setelah dikonfirmasi oleh tim medis Puskesmas Sikakap," ujarnya dikutip Antara.

Kepala SAR Mentawai membenarkan sebelum diserahkan ke pihak keluarga, peselancar asal Amerika Serikat tersebut terlebih dahulu diautopsi oleh kepolisian setempat guna pemeriksaan lanjutan. Setelah itu, barulah jenazah diserahkan ke ahli waris.

"Dengan sudah ditemukannya korban, bersamaan dengan itu operasi pencairan juga dihentikan," kata Kepala SAR Mentawai itu.

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu destinasi pariwisata internasional yang dikenal dengan keindahan alam terutama ombaknya. Sejumlah pesohor dari berbagai negara kerap mengunjungi Bumi Sikerei (julukan Mentawai) untuk berwisata terutama berselancar.

Sejumlah aktor dan penyanyi internasional yang telah berkunjung ke Mentawai di antaranya vokalis dari grup musik Red Hot Chilli Peppers Anthony Kiedis, pemeran The Fast and the Furious Paul Walker, Stella Maxwell, dan sederet nama-nama lainnya.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru