Senin, 22 April 2024

Menparekraf Dukung Sumatera Barat Perkuat Wisata Halal


  • Minggu, 24 Maret 2024 | 15:00
  • | News
 Menparekraf Dukung Sumatera Barat Perkuat Wisata Halal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno buka Sumarak Ramadhan di

PADANG, ARAHKITA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendukung penguatan wisata halal di Sumatera Barat sebagai salah satu pendorong perekonomian daerah.

"Ekosistem wisata halal sudah terbentuk di Sumbar. Tinggal mengembangkan sehingga bisa menjadi daya tarik yang kuat untuk meningkatkan pergerakan wisatawan," katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan itu saat membuka secara resmi agenda Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Raya Sumatera Barat.

Menurutnya dengan segala potensi yang dimiliki itu, Sumbar bisa menjadi salah satu daerah penopang terealisasinya target pergerakan wisatawan di Indonesia yang terus meningkat setiap tahun.

"Tahun ini kita menargetkan 1,25 miliar pergerakan wisatawan di Indonesia. Sumbar bisa menjadi salah satu daerah yang mendukung terwujudnya target itu," katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan pelaksanaan Sumarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar merupakan salah satu upaya menjadikan masjid itu sebagai pusat halal lifestyle di provinsi itu.

"Masjid Raya Sumbar selain tempat ibadah yang memiliki desain unik dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia, juga dilengkapi dengan bangunan untuk kegiatan LKAAM dan Bundo Kanduang yang memperlihatkan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," katanya.

Terkait target pergerakan wisatawan, ia menyebut pada 2023 ditargetkan 8,2 juta orang dan bisa terealisasi hingga 11, 2 juta orang atau 138 persen.

"Tahun ini kita menargetkan pergerakan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara sebanyak 13,5 juta orang," katanya.

Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah merupakan salah satu dari 78 agenda yang masuk dalam kalender wisata Sumbar 2024.

Sumarak Ramadhan menghadirkan beberapa kegiatan yang menarik seperti sumarak kuliner yang menghadirkan pasa pabukoan (pasar takjil), pameran kuliner lokal dan area makan dan minum bagi pengunjung.

Kemudian sumarak ekraf yang menampilkan bazar produk ekraf dari UMKM Sumbar dan bazar buku.

Lalu sumarak fashion yang menampilkan bazar fashion muslim dewasa dan bazar produk kosmetik.

Kegiatan tersebut juga menampilkan eksibisi beragam produk otomotif, travel umroh hingga produk FMCG.

Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah juga menyediakan wahana bermain untuk anak serta produk-produk fashion dan mainan anak.

Editor : Ediya Moralia

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru