Senin, 22 April 2024

Ini 9 Wisata Religi yang bisa Didatangi Bersama Kerabat saat Libur Lebaran


 Ini 9 Wisata Religi yang bisa Didatangi Bersama Kerabat saat Libur Lebaran Masjid Syeikh Zayed Solo. ( Foto Kompas)

JAKARTA, ARAHDESTINASI.COM -Libur Lebaran selalu jadi momen berkumpul bersama keluarga yag menyenangkan. Saat itu jadi kesematan untuk bepergian bersama, termasuk melakuka wisata religi untuk merasakan pengalaman spiritual sekaligus mengagumi kekayaaan alam dan budaya Indoesia.

Operator grup hotel Archipelago International membagikan sembilan destinasi wisata religi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk melewatkan sebagian waktu libur Lebaran tahun ini.

"Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan tempat beristirahat, tetapi juga menjadi tempat perlindungan untuk pengalaman bermakna serta momen kedekatan dengan iman," kata CEO Archipelago International John Flood, Kamis (4/4/2024).

Berikut sembilan destinasi wisata religi yang direkomendasikan  Archipelago.

1. Pekalongan

Selain menyaksikan ragam batik khas, selama mengunjungi Kota Pekalongan di Provinsi Jawa Tengah wisatawan bisa menyambangi Masjid Jami Aulia, masjid tua yang bersejarah, serta melihat Al Quran berukuran 2x2,3 meter. Selama berada di kota itu, wisatawan juga bisa ikut merasakan tradisi Syawalan.

2. Semarang

Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah merupakan tempat perpaduan dari berbagai budaya, termasuk budaya Jawa, Tionghoa, Arab, dan Belanda. Di kota yang kaya dengan khazanah kuliner ini, wisatawan bisa mengunjungi situs Kerajaan Demak dan mempelajari sejarah perkembangan Islam pada masa lalu. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah yang memiliki menara setinggi 99 meter.

3. Gresik

Wisatawan yang ingin mendoakan tokoh penting dalam syiar Islam di Indonesia, dapat berziarah ke makam Wali Songo di Gresik, Jawa Timur. Wali Songo menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa pada abad ke-15. Saat berziarah ke makam mereka, wisatawan bisa mempelajari peran mereka dalam penyebaran ajaran Islam di Jawa.

4. Cilacap

Daerah Cilacap di Jawa Tengah memiliki Masjid Batu Taman Hati, masjid gua yang dibangun tahun 2009 oleh seorang seniman. Wisatawan juga bisa menjelajahi objek wisata lainnya seperti Bukit Selok, Bukit Srandil, dan Pantai Srandil yang menawarkan ketenangan di tengah alam di daerah tersebut.

5. Solo

Di Kota Solo, Jawa Tengah, wisatawan dapat berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Kraton Solo. Wisatawan juga bisa datang ke pasar-pasar tradisional untuk menikmati kelezatan kuliner Solo. Selain itu, wisatawan bisa mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat yang indah dan bersejarah.

6. Malang

Kota Malang di Jawa Timur menawarkan banyak tempat wisata. Di antara daerah tujuan wisata di Malang ada Masjid Pintu Seribu Malang, yang bisa menjadi tempat untuk menikmati momen damai di tengah hiruk-pikuk kota.

7. Banjarmasin

Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan dikenal dengan keindahan ribuan sungai dan warisan spiritual. Kota itu memiliki Masjid Sultan Suriansyah, yang dibangun sejak tahun 1550. Nama masjid itu diambil dari nama sultan Muslim pertama Banjarmasin. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Masjid Jami Banjarmasin dan makam tokoh sejarah di Banjarmasin.

8. Palembang

Kota Palembang di Sumatera Selatan memiliki Al Quran Akbar Palembang, sebuah monumen agung yang menampilkan keindahan seni Islam. Al Quran itu ada Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar.

9. Makassar

Kalau singgah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, wisatawan bisa mengunjungi Masjid 99 Kubah. Masjid terbesar di Makassar itu dapat menampung hingga 13.000 orang.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Indonesia Terbaru