Senin, 22 April 2024

Okupansi Hotel Selama Ramadan Turun 25 Persen


  • Jumat, 15 Maret 2024 | 22:30
  • | News
 Okupansi Hotel Selama Ramadan Turun 25 Persen Foto ilustrasi hotel. (freepikcom)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DKI Jakarta memprediksi tingkat okupansi hotel selama Ramadan tahun ini bakal turun hingga 25 persen dibandingkan hari-hari biasa.

"Kalau yang namanya Ramadan dibandingkan hari biasa pasti turun karena orang jarang bepergian dan tidak juga menginap di hotel untuk sekadar berlibur misalnya," kata Ketua PHRI DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Iwantono menjelaskan bahwa selain tingkat keterisian hotel yang menurun, tren masyarakat yang makan di restoran juga menurun.

Meski ada kegiatan buka bersama, momentum tersebut, kata Iwantono, berbeda dengan hari biasanya, yakni ketika konsumen makan di restoran bisa tiga kali pada pagi, siang dan sore hari.

"Buka puasa, orang makan hanya satu kali, sedangkan di waktu pagi, siang dan sore tidak ada yang makan. Tapi tentunya kita berharap Ramadan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata Iwantono.

Menurut dia, sejumlah restoran besar telah menyiapkan strategi khusus untuk menarik pelanggan seperti potongan harga, namun yang utama adalah memelihara pelanggan agar tetap kembali ke restoran.

Iwantono menambahkan bahwa tingkat keterisian hotel akan kembali meningkat menjelang akhir Ramadan dan sepanjang libur Lebaran.

Kemudian setelah Ramadan dan libur Lebaran, aktivitas masyarakat yang menggunakan jasa perhotelan di Jakarta kembali meningkat.

Berdasarkan siaran resmi yang dikeluarkan BPS DKI, tingkat penghunian kamar hotel bintang di Jakarta pada tahun lalu, yakni April 2023 yang bersamaan dengan bulan Ramadhan tercatat hanya sebesar 42,52 persen atau turun signifikan sebesar 10,85 persen dibandingkan Maret 2023 yang sebesar 53,37 persen.

Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang Jakarta pada Mei 2023 tercatat mencapai 50,75 persen atau meningkat 8,23 persen poin dibandingkan April 2023.

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru