ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Meski Mendung, Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Belitung Meriah

Kamis , 26 Desember 2019 | 18:05
Meski Mendung, Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Belitung Meriah
Foto: BMKG

ARAHDESTINASI.COM: Meski fenomena alamgerhana matahari cincin di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tertutup oleh awan hujan, namun antusias masyarakat dan wisatawan terlihat sangat besar.

Mereka berkumpul di Pantai Tanjung Tinggi mengenakan kacamata yang dibagikan untuk melihat gerhana matahari cincin.

"Tadi kita sempat melihat gerhana hanya sebentar tetapi sesudah shalat gerhana tiba-tiba hujan jadi tidak bisa mengamati dengan baik karena tertutup awan," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisikia Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Bambang Setyo Prayitno di Sijuk, Belitung, Kamis (26/12) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, gerhana matahari cincin di wilayah itu dapat dilihat kurang lebih 30 menit saja, namun setelah itu cuaca berawan kemudian turun hujan.

"Jadi tadi kita sempat melihat bagaimana proses terjadinya mulai gerhana sampai berproses terus dan sekarang kondisi cuaca mendung," ujarnya.

Ia menjelaskan, gerhana matahari cincin berhasil diamati dengan baik di daerah lain seperti Batam, Aceh, Singkawang, sampai Tanjung Selor.

"Untuk di luar dari wilayah itu adalah gerhana matahari sebagian termasuk Jakarta juga termasuk gerhana matahari sebagian," katanya.

Petugas BMKG, Tedy Ferdyanto di Sijuk, Belitung mengatakan, sudah diperkirakan cuaca di Belitung akan tertutup awan hujan. "Memang prakiraan cuaca seperti ini paginya berawan dan siangnya turun hujan," katanya.

Ia menambahkan, proses kontak awal terjadinya gerhana matahari bisa teramati dengan baik dari celah-celah gumpalan awan hujan. "Kontak awal dipukul 10:41 WIB cuacanya cerah jadi tadi sudah sekitar 15 persen sebelum turunnya hujan," ujarnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia menggunakan teleskop untuk mengamati terjadinya fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (*)

KOMENTAR