Jumat, 29 Maret 2024

Pemprov Jabar Perjuangkan Pangandaran Sebagai Kawasan Khusus


  • Rabu, 27 Februari 2019 | 00:05
  • | News
 Pemprov Jabar Perjuangkan Pangandaran Sebagai Kawasan Khusus Foto: indonesia.travel

ARAHDESTINASI.COM: Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berkomitmen memajukan kawasan Jabar selatan dan memperjuangkan Pagandaran sebagai kawasan khusus.

"Pariwisata kelautan akan menjadi primadona, dan Pemprov Jabar berkomitmen memajukan kawasan Jabar Selatan, khususnya yang memiliki garis pantai. Dalam dua sampai tiga bulan kami sedang memperjuangkan Pangandaran sebagai kawasan khusus," kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, saat memberi sambutan pada Talk Show and Exhibition Festival Membumikan Laut sebagai Masa Depan Bangsa, di Graha Sanusi Hardjadinta Unpad, Kota Bandung, baru-baru ini.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini, mengatakan Pemprov Jawa Barat tidak hanya berkomitmen mengembangkan pariwisata laut, tapi juga melakukan riset tentang kelautan, yakni membuka Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Pada acara tersebut, Gubernur Emil memuji keberhasilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Susi Pujiastuti. "Saya kira keberhasilan KKP bisa diapresiasi milenial bahwa zaman Bu Susi kebanggaan pada kelautan meningkat, potensi laut meningkat, dan penegakan hukum juga meningkat," katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti yang hadir dalam talk Show tersebut, mengatakan akan membuat sebuah museum di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang menampilkan contoh-contoh kumpulan kapal-kapal illegal fishing yang berhasil ditenggelamkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kami akan buat museum yang mengumpulkan contoh kapal yang ditangkap di Pangandaran," katanya.

Di Depan para mahasiswa, Menteri Susi menceritakan alasan pihaknya membuat tayangan atau informasi penenggelaman kapal illegal fishing dengan tampilan yang menyeramkan. "Saya sering ditanyai oleh para milenial, Bu Susi kenapa gambar penenggelaman kapal dibuat seram tayangannya. Saya jawab, itu sengaja biar para penjarah ikan di laut kita jadi takut," katanya seperti ditulis Antara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Susi juga memaparkan keberhasilan kementerian yang dipimpinannya seperti berhasil menenggelamkan 488 kapal illegal fishing, kapal-kapal tersebut diketahui telah mencuri kekayaan hayati di laut Indonesia. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru