ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Gorontalo Bangun Rumah Pajang

Minggu , 25 November 2018 | 11:01
Gorontalo Bangun Rumah Pajang
Foto: ilustrasi http://noviemilanisti.blogspot.com

ARAHDESTINASI.COM: Lima desa di Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo membangun rumah pajang Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), sebagai salah satu upaya mendorong perekonomian desa.

Kepala Desa Hutadaa, Wowiling Habibullah di Gorontalo, mengatakan rumah pajang itu merupakan kerja sama antara beberapa desa di Kecamatan Tilango dan Telaga Jaya, yaitu Desa Tenggela, Tabumela, Ilotidea, Buhu dan Tilote. Jumlah dana penyertaan seperti diberitakan Antara, berasal dari desa sebesar Rp120 juta dan bantuan dari Direktorat Ekonomi Kawasan Perdesaan sebesar Rp350 juta.

Rumah pajang tersebut menyajikan berbagai kebutuhan warga sepertayaknya retail modern yang ada di pusat kota. Terinspirasi dengan hal ini, untuk kategori desa hasil kolaborasi beberapa desa tersebut diberi nama Bumdesmart: BUMDes bersama BULALO. "Kegiatan BUMDes bersama ini merupakan salah satu rangkaikan dari kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh desa-desa dalam rangka mendukung perekonomian desa," ujarnya seperti dirilis Antara.

Ia menjelaskan, BUMDes bersama itu juga mempunyai kelompok tani Hortikultura di wilayah kawasan pedesaan, serta mempunyai kelompok binaan nelayan ikan tawar.

"Dengan semangat membangun, dengan semangat kesejahteraan masyarakat BUMDes ini akan mempengaruhi ekonomi kerakyatan di desa," kata dia, lagi.

wowiling yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Kades se Kabupaten Gorontalo itu menaruh harapan kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk dapat mengembangkan rumah pajang seperti itu di seluruh kecamatan. (*)

KOMENTAR