ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

1.234 Orang Meninggal Akibat Gempa dan Tsunami Palu

Selasa , 02 Oktober 2018 | 20:29
1.234 Orang Meninggal Akibat Gempa dan Tsunami Palu
Foto: Dok Kemendes PDTT

ARAHDESTINASI.COM: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, hingga pukul 13.00 hari ini (2/10) jumlah korban gempa Donggala dan tsunami Palu, Sulawesi tengah mencapai 1.234 orang meninggal, 799 luka berat, korban hilang 99, dan korban tertimbun 152 orang. Jumlah pengungsi tercatat 61.867 jiwa yang tersebar di 100 titik.

Diinformasikan, saat ini para pengungsi masih membutuhkan tenda, selimut, matras, veltbed, makanan dan minuman, pelayanan kesehatan, air bersih, sanitasi, MCK, trauma healing, dan sandang.

Hingga hari ini, prioritas penanganan gempa Donggala dan tsunami Palu masih pada evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban. Selain itu diprioritaskan penanganan medis dan jenazah, percepatan pemulihan jaringan listrik, pasokan BBM, distribusi logistik untuk pengungsi, pemuliham jaringan komunikasi, dan koordinasi penerimaan bantuan asing.

Saat bencana terjadi, ada 122 warga negara asing yang berada di Donggala dan Palu. Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan BNPB, Polri, Basarnas dan pihak berwenang lain telah melakukan evakuasi. (*)

KOMENTAR