Kamis, 25 April 2024

Akses, Objek, dan Amenitas Pariwisata yang Terdampak Gempa Donggala


  • Sabtu, 29 September 2018 | 15:18
  • | News
 Akses, Objek, dan Amenitas Pariwisata yang Terdampak Gempa Donggala Foto ilustrasi: istimewa

ARAHDESTINASI.COM: Pantai Talise yang menjadi salah satu objek wisata utama Palu terdampak tsunami yang terjadi pascagempa Jumat (28/9).

Saat gempa terjadi, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tengah mendukung pelaksanaan Festival Palu Nomoni yang menjadi salah satu Calendar of Event (CoE) Nasional. Namun saat itu juga diputuskan pelaksanaan Festival Palu Nomoni dibatalkan, begitu juga dengan rangkaian peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) yang berlangsung di Kota Palu sejak 29 September hingga 03 Oktober 2018 mendatang.

“Saat ini Kemenpar melalui Tim Crisis Center (TCC) terus melakukan monitoring dan pendataan terkait dampak gempa terhadap ekosistem pariwisata di Sulawesi Tengah. Info dari panitia, HHD dibatalkan dan atraksi buatan lainnya dalam upaya koordinasi,” ujar Kepala Bio Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti.

Terkait aksesibilitas, untuk transportasi udara Bandara Mutiara SIS Al Jufrie Kota Palu ditutup sampai 29 September 2018 pukul 19.20 WITA berdasarkan pengumuman resmi AirNav Indonesia NOTAM No. H0737/18 tanggal 28 September 2018 yang menjelaskan terjadi kerusakan pada Tower ATC.

Berdasarkan pantauan, dari sepanjang 2.500 meter runway bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, 500 meter retak dan Tower ATC lantai 4 runtuh. "Tim Kemenhub akan membawa alat navigasi baru pukul 08.00 WITA berangkat dari Makassar," ujar Guntur, merujuk pada sumber dari UPT Kemenhub Palu.

Namun kondisi bandara lain di sekitar Kota Palu seperti Bandara Jalaludin, Gorontalo, Bandara Kasiguncu, Poso, Bandara Tj Api Ampana Kab Tojo Una-Una masih dalam kondisi aman. "Untuk transportasi laut, Pelabuhan Pantoloan Palu dan Pelabuhan Donggala belum terdata karena jaringan komunikasi terputus, Pelabuhan Ampana dan Luwuk aman. Pelabuhan Ogoamas retak di talud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 cm," ujarnya.

Untuk akses darat, jembatan Vatulemo yang merupakan ikon kota Palu rusak karena tsunami. Lokasi ini berdekatan dengan pantai Talise. Sedangkan akses jalan darat menuju Palu cuma ada dua, lewat Mamuju atau lewat Poso. Sebenarnya ada bandara terdekat menuju Palu yaitu bandara Tanjung Api Ampana atau Bandara Kasiguncu Poso. Namun jalur yang melewati Poso, jalannya terputus di Parigi dan di Kebun Kopi. Jadi satu-satunya jalan darat adalah lewat Mamuju.

Lebih lanjut Guntur menyampaikan, dari pendataan informasi awal TCC juga diketahui gempa memberikan dampak pada amenitas. Sedikitnya ada 270 kamar hotel yang rusak dan terdampak.

"Santika Palu Hotel ada 140 kamar terdampak, Mercure Palu Hotel 130 kamar terdampak. Akomodasi terdampak lainnya masih dalam penelusuran data tingkat kerusakan," ujar Guntur.

Guntur memastikan TCC Kemenpar akan terus bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam penanganan dampak gempa di Sulawesi Tengah. "TCC Kemenpar juga telah membuat Holding Statement dan menyebarluaskannya kepada berbagai pihak seperti Visit Indonesia Tourisme Officer (VITO) serta pihak kedutaan besar," ujar Guntur.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief yahya mengatakan Kemenpar mengaktifkan Tourism Crisis Center (TCC) guna memantau akses, amenitas dan atraksi yang terkait langsung dengan wisatawan di Donggala dan sekitarnya.

"Pertama, saya turut prihatin dan berduka yang mendalam atas musibah bencana alam, gempa bumi di Donggala, Sulawesi Tengah," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/09).

Menpar Arief Yahya mengatakan, TCC terus melakukan pemantauan dan pelaporan; memberikan layanan informasi termasuk holding statement ke beberapa negara melalui Visit Indonesia Tourism Officer (VITO), menghentikan seluruh aktivitas promosi di lokasi terdampak, sekaligus memantau kondisi wisatawan dan ekosistem pariwisata (3A) di lokasi terdampak. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru