ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Masa Tanggap Darurat Gempa Lombok Diperpanjang

Selasa , 07 Agustus 2018 | 00:47
Masa Tanggap Darurat Gempa Lombok Diperpanjang
Foto: Dok BNPB
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Masa tanggap darurat penanganan dampak gempa telah diperpanjang hingga 11/8/2018 baik di Provinsi NTB, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan penambahan personel dan logistik. BNPB telah mengirimkan 21 ton bantuan logistik dan peralatan melalui cargo. Selain itu, dua helikopter BNPB diperbantukan untuk penanganan darurat. TNI memberangkatkan 3 pesawat Hercules C-130 untuk mengirim satgas kesehatan dengan membawa obat-obatan, logitik, tenda, dan alat komunikasi.

KRI dr Suharso diberangkatkan dari Surabaya ke Lombok untuk dukungan kapal rumah sakit. Basarnas mengirimkan personel, helikopter, kapal dan peralatan untuk menambah kekuatan operasi SAR. Polri mengirimkan personel, tenaga medis dan obat-obatan serta 2 helikopter. Kementerian Pariwisata mengaktivasi Tim Crisis Center untuk memantau kondisi wisatawan. Kementerian Pu menggerakkan alat berat, menambah air bersih dan sanitasi. Kementerian/Lembaga dan NGO mengirimkan personel dan bantuan.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah makanan khususnya makanan siap saji, air mineral, air bersih, tenda, terpal, tikar, selimut, pakaian, makanan penambah gizi, layanan trauma healing, dapur umum, obat-obatan, pelayanan kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya untuk pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi. (*)

KOMENTAR