ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Let‘s Go Ikut Jelajah Komodo!

Kamis , 14 Oktober 2021 | 15:25
Let‘s Go Ikut Jelajah Komodo!
Foto: Dok Jelajah Bike
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Buat para pesepeda yang sudah rindu melakukan perjalanan bersepeda sembari berwisata, saatnya melirik Jelajah Komodo, event olahraga yang diselenggarakan di wilayah barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Jelajah Bike menyelenggarakan event touring itu pada 24-28 November 2021, meliputi kegiatan bersepedam jalan (tracking) dan berenang (snorkeling). Peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan biaya Rp7.500.000 di luar tiket pesawat.

Selama lima hari tersebut, peserta diajak beraktivitas di Labuan Bajo, tetapi juga akan mengunjungi kampung adat Waerebo di Kabupaten Manggarai, Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pulau Kanawa. Tempat-tempat ini merupakan lokasi wisata favorit di kawasan Labuan Bajo, karena memiliki panorama yang indah, menawan dan unik.

Lebih rinci, hari pertama kegiatan bersepeda dimulai dari Labuan Bajo menuju Lembor sejauh 68 kilometer. Hari kedua, dilanjutkan lagi menuju Denge, kampung terakhir sebelum menuju Waerebo. Lalu dilanjutkan berjalan kaki melewati hutan lebat sejauh kurang lebih lima kilometer.

Di Waerebo, peserta akan menginap semalam di rumah adat, menikmati udara sejuk, bersih dan dingin sekaligus panorama unik di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Nikmati juga kopi arabica Waerebo yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

IMG-20210911-WA0026

Hari ketiga, peserta akan kembali ke Labuan Bajo. Sore harinya langsung naik kapal phinisi menuju Pulau Kalong untuk menyaksikan matahari terbit sekaligus kalong atau kelalawar berterbangan sekitar pukul 18.10 Wita. Setelah itu, berisirahat sejenak dan makan malam di atas kapal.

Perjalanan dilanjutkan ke Pulau Padar. Keesokan harinya sekitar pukul 04.30 Wita, peserta mulai berjalan menuju ke puncak Pulau Padar untuk menyaksikan matahari terbit. Sebuah pengalaman yang menarik dan takkan terlupakan.
Dari Padar, pelayaran selanjutnya menuju ke Pulau Komodo. Di sana, peserta akan diantar para pawang untuk melihat langsung hewanpurba yang hanya ada satu-satunya di dunia tersebut.

Selepas itu menuju ke pantai pink dan Pulau Kanawa untuk melepaskan kepenatan dengan mandi di laut. Menjelang sore, kembali ke Labuan Bajo. Lalu pada Senin, 29 November 2021, peserta pun pulang ke kota masing-masing.

IMG-20210911-WA0028_1

Jelajah Bike adalah sebuah lembaga berkedudukan di Jakarta yang khusus menangani dan mengelola event-event olahraga. Para pengelolanya berpengalaman selama kurang lebih 10 tahun terakhir menangani touring sepeda harian Kompas. (*)

KOMENTAR