ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Ini Persyaratan Wisman Masuk Bali

Selasa , 12 Oktober 2021 | 23:18
Ini Persyaratan Wisman Masuk Bali
Foto: Ini Persyaratan Wisman Masuk Bali
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Bukti lengkap vaksin, PCR 3 x 24 jam, dan asuransi kesehatan menjadi syarat yang harus dipenuhi wisatawan mancanegara (wisman) yang akan datang ke Bali.

“Pemerintah masih terus melakukan finalisasi persyaratan dan negara yang warganya boleh masuk ke Bali pada masa uji coba 14 Oktober nanti di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai . Bukti vaksin, PCR dan asuransi minimal pertanggungan US$100 ribu merupakan tiga dari sekian banyak persyaratan,” papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/10).

Selain persyaratan itu, wisman yang datang ke Bali juga harus menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk pengetatan testing, tracing, dan treatment.

“Saat mereka datang harus mengisi EHAC melalui PeduliLindungi dan juga tes PCR on arrival. Jika negatif harus mengikuti karantina, jika positif tanpa gejala melakukan isolasi dan jika bergejala akan dirujuk ke fasilitas kesehatan,” papar Sandiaga.

Ditanya tentang berapa lama waktu karantina, Sandiaga menjelaskan belum ada keputusan final. Namun, ada wacana untuk mempersingkat waktu karantina menjadi lima hari.

“Belum final. Namun, semua keputusan berdasarkan data-data dan pertimbangan dari ahli, termasuk epidemiolog,” tutur Sandiaga.

Dia melanjutkan, saat ini Pemerintah provinsi Bali sudah menyediakan 35 hotel untuk karantina dan fasilitas penunjang tracing dan treatment. “Terkait penentuan dan persetujuan negara, kami terus pantau situasi terkini dan berkoordinasi dengan Kemenkes, Satgas Covid, Kemenko Marvest, dan instansi terkait lainnya.” (*)

Baca juga: Negara yang warganya diperbolehkan masuk Bali

KOMENTAR