ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

AS Turunkan Status India dan Pakistan ke Level 3

Rabu , 21 Juli 2021 | 17:03
AS Turunkan Status India dan Pakistan ke Level 3
Foto ilustrasi: Pete Linforth from Pixabay
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat telah menurunkan anjuran perjalanan (travel advisory) terkait COVID 19 untuk India dan Pakistan ke Level 3, yaitu mempertimbangkan kembali perjalanan.

Kasus aktif Covid-19 harian India telah turun ke posisi terendah selama empat bulan setelah gelombang kedua yang melumpuhkan sistem perawatan kesehatan.

Tetapi para ahli memperingatkan pihak berwenang agar tidak segera membuka kembali kota-kota dan mengingatkan bahaya kepadatan lokasi-lokasi wisata.

Sebelumnya, kedua negara itu masuk dalam kategori anjuran Level 4 tertinggi, yang mengandung arti Jangan bepergian!

Meski telah turun ke Level 3, namun seperti diberitakan Antara dari Reuters, tidak memengaruhi pembatasan perjalanan yang diberlakukan untuk semua warga negara non-AS yang telah berada di India dalam 14 hari terakhir.

Pembatasan perjalanan serupa diberlakukan untuk Afrika Selatan, China, Iran, Brazil, Inggris, Irlandia, dan 26 negara di Eropa yang telah mengizinkan perjalanan melintasi perbatasan terbuka.

Meski demikian, pembatasan itu mengecualikan penduduk tetap AS dan anggota keluarga serta beberapa warga negara non-AS lainnya, seperti pelajar.

Gedung Putih diberitakan baru melakukan pertemuan tingkat tinggi minggu ini yang membahas tentang pembatasan perjalanan. Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters, tidak ada indikasi rencana Amerika Serikat untuk segera mencabut pembatasan.

Saat ini, hampir semua pelancong yang datang melalui udara dan tidak masuk dalam kategori pembatasan, harus menunjukkan bukti tes virus corona negatif atau telah pulih dari COVID-19. (*)

KOMENTAR