Jumat, 19 April 2024

Italia Keluarkan Kebijakan Menghapus Peraturan Penggunaan Masker


  • Rabu, 23 Juni 2021 | 20:39
  • | News
 Italia Keluarkan Kebijakan Menghapus Peraturan Penggunaan Masker Foto: Kookay from Pixabay

ARAHDESTINASI.COM: Italia akan menghapuskan peraturan yang mengharuskan orang-orang memakai masker di luar ruangan mulai 28 Juni 2021.

"Mulai 28 Juni kita akan meninggalkan penggunaan masker di luar ruangan di zona-zona putih," kata Menteri Kesehatan Roberto Speranza melalui unggahan di Facebook usai menerima saran dari dewan ahli pemerintah seperti dikutip Antara.

Pemerintah Italia secara bertahap melakukan pelonggaran pembatasan dan membuka kembali aktivitas di tempat-tempat umum seperti restoran, bar, bioskop, hingga pusat kebugaran. Pemakaian masker satu-satunya yang masih diberlakukan di area-area publik di dalam ruangan.

Namun penggunaan masker juga akan dihapus saat negara sudah berstatus zona putih. Saat ini 19 dari 20 kawasan telah berstatus putih, kecuali satu area di sebelah utara, Valle d’Aosta yang masih berstatus kuning atau level terendah kedua.

“Keputusannya, mulai 28 Juni kita akan meninggalkan penggunaan masker di luar ruangan di zona-zona putih," ujar Menteri Kesehatan Roberto Speranza melalui unggahan di Facebook.

Meski demikian, Speranza menekankan bahwa warga Italia tetap perlu membawa masker saat keluar rumah dan harus siap menggunakannya di luar ruangan jika terjadi kerumunan.

Pengumuman tersebut menyusul keputusan-keputusan serupa di negara-negara Eropa lainnya seperti Prancis dan Spanyol, meski kekhawatiran terus berlanjut di Eropa terkait penyebaran varian baru yang jauh lebih menular, yakni varian Delta.

Sebanyak 26 persen warga Italia telah menerima vaksinasi COVID-19 dengan dosis penuh, sementara sekitar 52 persen telah menerima setidaknya satu suntikan. Angka-angka tersebut selaras dengan negara-negara anggota Uni Eropa yang besar lainnya.

Jumlah kasus berada di tingkat terendah pada 2021 dan tekanan terhadap rumah-rumah sakit di Italia sekarang berangsur menurun. (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru