ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

UNWTO Umumkan Penurunan Perjalanan Internasional Januari 2021 sebesar 87%

Minggu , 04 April 2021 | 12:06
UNWTO Umumkan Penurunan Perjalanan Internasional Januari 2021 sebesar 87%
Foto: S. Hermann & F. Richter from Pixabay
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Dampak menghancurkan dari pandemi Covid-19 terhadap pariwisata dunia masih terus berlanjut. Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) mengumumkan, Januari 2021 terjadi pernurunan perjalanan turis internasional sebesar 87% dibandingkan periode yang sama 2020.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili, menegaskan perlu koordinasi antarnegara yang lebih kuat terkait protokol kesehatan agar pariwisata segera bisa bergerak kembali. “Tahun ini kita tetap harus berhati-hati untuk menghindari kerugian besar-besaran,” ujarnya dalam keterangan resmi di laman UNWTO.

Disebutkan, akhir yang sulit di 2020 terus berlanjut di awal tahun 2021, karena banyak negara memperketat pembatasan perjalanan untuk memblokir penyebaran virus Covid-19. Selain itu, kecepatan dan distribusi peluncuran vaksinasi ternyata lebih lambat dari yang diharapkan.

Itu sebabnya, UNWTO mengimbau agar komunitas internasional perlu segera mengambil tindakan tegas untuk menyelamatkan jutaan mata pencaharian dan bisnis pariwisata dan turunannya.

UNWTO menyebutkan, Asia dan Pasifik mengalami penurunan -96%, karena wilayah ini paling banyak memberlakukan pembatasan perjalanan. Eropa dan Afrika sama-sama mengalami penurunan kedatangan 85%, sedangkan Timur Tengah mencatat penurunan 84%. dan Amerika menurun 77% di bulan Januari.

Dengan 32% dari semua tujuan global benar-benar tertutup untuk wisatawan internasional pada awal Februari, UNWTO memrediksitantangan global di beberapa bulan pertama 2021.

Berdasarkan tren saat ini, UNWTO memperkirakan kedatangan wisatawan internasional turun sekitar 85% pada kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

“Ini akan mewakili hilangnya sekitar 260 juta kedatangan internasional jika dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi. Ke depan, UNWTO telah menguraikan dua skenario untuk 2021, yang mempertimbangkan kemungkinan rebound dalam perjalanan internasional pada paruh kedua tahun ini,” papar Pololikashvili.

Skenario pertama menunjukkan rebound di bulan Juli, yang akan menghasilkan peningkatan 66% kedatangan internasional untuk tahun 2021 dibandingkan dengan posisi terendah tahun 2020. Dalam hal ini, kedatangan masih akan berada 55% di bawah tingkat yang tercatat pada tahun 2019.

Skenario kedua mempertimbangkan potensi rebound pada bulan September, yang menyebabkan peningkatan kedatangan sebesar 22% dibandingkan dengan tahun lalu. Namun, tetap saja, 67% di bawah level tahun 2019. (*)

KOMENTAR