ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Ini Cara Membuat & Perpanjang Paspor Secara Online

Senin , 15 Februari 2021 | 08:42
Ini Cara Membuat & Perpanjang Paspor Secara Online
Foto ilustrasi: pinterpoin.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Meski belum bisa bebas bepergian, membuat dan memperpanjang paspor yang habis masa berlaku tetap bisa dilakukan. Layanan pemuatan dan perpanjangan paspor secara online memudahkan dan memberi rasa nyaman, karena pemohon tak perlu berkumpul melakukan antrean.

Jangan lupa perhatikan juga pilihan kantor imigrasi yang akan dituju, terutama bagi yang ingin membuat E-paspor. Belum semua kantor imigrasi bisa melayani pembuatan E-paspor.

Secara umum, bagaimana cara mendapat nomor antrean secara online? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download aplikasi Layanan Paspor Online (Apapo), ikuti petunjuk di aplikasi sampai mendapatkan nomor antrean online. Ini penting karena jika langsung datang ke kantor imigrasi tanpa nomor antrean, akan sia-sia. Setiap orang bisa mengambil maksimal 5 nomor antrean sekaligus.

CARA AMBIL NOMOR ANTREAN
Ditjen Imigrasi lewat akun Instagram memberi panduan grafis langkah-langkah mengambil antrean online. Berikut urutannya:
- Download aplikasi Layanan Paspor Online
- Registrasi dengan klik tombol Google atau Facebook
- Isi form data diri: Jika mengalami masalah misal NIK tidak sesuai, silakan isi tanggal lahir sesuai NIK. Jika nomor telepon genggam sudah digunakan, isi nomor HP yang belum pernah didaftarkan sebelumnya
- Pilih menu antrean paspor
- Aktifkan fitur GPS pada ponsel, lalu pilih kantor imigrasi tujuan
- Pilih jumlah pemohon, tanggal, dan jam kedatangan
- Cek data, masukkan data pemohon kedua dan selanjutnya (jika ada), lalu simpan
- Simpan bukti antrean berupa QRcode untuk ditunjukkan kepada petugas
- Jika salah pilih jenis antrean seperti memilih perpohonan paspor baru tetapi sebenarnya ingin melakuka penggantian paspor, jangan dibatalkan, supaya tidak perlu menunggu pendaftaran ulang selama 30 hari ke depan

CARA MEMBAYAR
Setelah mendapat nomor antrean, tiba saatnya melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM dan sekarang juga bisa dilakukan lewat aplikasi Tokopedia.

Berapa biayanya? dalam laman resmi dijelaskan bahwa untuk paspor biasa 48 halaman Rp350.000 dan paspor biasa 48 halaman elektronik Rp650.000. Jika ingin layanan percepatan paspor agar bisa selesai pada hari yang sama, dikenai biaya Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).

SYARAT MEMBUAT PASPOR BARU
- Sebelum melangkah ke pendaftaran online, persiapkan terlebih dahulu berbagai syarat yang harus dipenuhi:
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri
- Kartu keluarga
- Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui atau penyampaian untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama

Langkah brikutnya, melakukan pendaftaran secara online. Setelah melakukan registrasi, pemohon mengisi aplikasi data yang tersedia, dan dokumen kelengkapan persyaratan harus disertakan dengan cara memindai dokumen dan dikirimkan melalui surat elektronik.

Pemohon yang telah mengisi aplikasi data akan memperoleh tanda terima permohonan dan harus dicetak sebagai tanda bukti permohonan. Permohonan yang telah diperiksa dan memenuhi persyaratan diberikan kode pembayaran melalui pesan singkat dan/atau surat elektronik.

SYARAT PERPANJANGAN PASPOR
Untuk paspor terbitan tahun 2009:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik
- Paspor lama

Untuk paspor terbitan sebelum 2009
- Kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri
- Kartu keluarga
- Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dantanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang)
- Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan
- Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
- Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa. (*)

KOMENTAR