ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Stik Jagung, Oleh-Oleh Khas Desa Helumo

Kamis , 12 Juli 2018 | 22:55
Stik Jagung, Oleh-Oleh Khas Desa Helumo
Foto: Dok Kemendesa.go.id

ARAHDESTINASI.COM: Kabupaten Gorontalo Utara dikenal sebagai salah satu penghasil jagung. Jika berwisata ke kabupaten itu, beberapa kedai dan warung menyajikan olahan jagung, termasuk nasi jagung yang rasanya legit dan sehat.

Sayangnya, kelezatan olahan jagung Gorontalo Utara sebagian besar masih dikonsumsi rumahan. Sedangkan hasil panen lebih banyak dijual mentah oleh para petani, sehingga rawan fluktuasi harga.

Kelompok Handayani merupakan forum perempuan di Desa Helumo untuk mengembangkan beragam produk turunan jagung. Kelompok ini terbentuk usai pelatihan yang selenggarakan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo Utara yang membahas strategi mengembangkan produk olahan pangan berbahan dasar jagung. Kelompok ini memilih fokus pada pengembangan stik jagung. Sembari menunggu kelengkapan izin produksi, kini stik jagung sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Desa Helumo.

Kelompok Handayani mengemas stick jagung dalam media kemas dengan kuantitas 300 gram dengan harga grosir Rp 5.000. Prospek bisnis kudapan stik jagung cukup menjanjikan sehingga Kelompok Handayani bergabung dalam Program Inkubator Bisnis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dan Subdit Inovasi dan Penerapan Teknologi, Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa.

Selain stik jagung, Kelompok Handayani mulai mengembangkan produk minyak kampung. Minyak Kampung merupakan sebutan bagi minyak berbahan baku kelapa yang diproses tanpa melalui pengeringan (kopra) sehingga kualitasnya sangat baik. (*)

 

KOMENTAR