ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Kemendes Fokus Tangani 41 Desa Wisata di Destinasi Superpriotitas

Rabu , 23 September 2020 | 22:25
Kemendes Fokus Tangani 41 Desa Wisata di Destinasi Superpriotitas
Foto ilustrasi: marketeers.com

ARAHDESTINASI.COM: Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diminta fokus pada 41 pengembangan dan pembangunan desa wisata yang ada di destinasi wisata superprioritas, yakni di Danau Toba (Sumatra Utara), Likupang (Sulawesi Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan hal tersebut usai mengikuti Rapat Koordinasi Tingkat Menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan secara virtual.

Rapat Koordinasi itu membahas percepatan pembangunan, termasuk desa wisata dan sejumlah persoalan lainnya.

"Ada 41 Desa di lima daerah Superprioritas yang ditugaskan kepada Kementerian Desa untuk melakukan penanganan," katanya dalam keterangan tertulis baru-baru ini.

Untuk Labuan Bajo, katanya, ada delapan desa, kawasan wisata Mandalika ada 13 desa dan di Kawasan Borobudur disiapkan 10 desa. "Kawasan Danau Toba ada delapan desa dan destinasi wisata Likupang ada dua desa. Semua titik ini sudah siap," ujarnya.

Gus Menteri mencontohkan, di Kabupaten Simalungun titik desa terletak di Desa Pariksabungan, kemudian di Kabupaten Samosir titiknya di Desa Sosotdolok, Kabupaten Toba Samosir, titik di Desa Wisata Farabunga dan Parparean I.

Titik desa wisata itu telah dikoordinasikan oleh Kemendes PDTT dengan Kementerian Pariwisata. "Sudah didetaikan, tinggal melangkah pada pelaksanaan,” katanya. (*)

KOMENTAR