ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Ada Bukit Cula di Bandung

Kamis , 05 Juli 2018 | 15:36
Ada Bukit Cula di Bandung
Foto: kemendesa.go.id

ARAHDESTINASI: Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Bandung, Jawa Barat, dapat menikmati jalan di area wisata Bukit Cula dengan adanya pelaksanaan pembangunan lewat Program Padat Karya Tunai dengan anggaran dana desa.

Jalan di area wisata Bukit Cula sepanjang 800 meter dengan lebar 3 meter itu hanya salah satu dari pelaksanaan pembangunan dari dana desa. "Potensi desa wisata itu besar sekali. Bumiwangi akan mengembangkan wisata Bukit Cula. Oleh karena itu, kita harapkan peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi desanya," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, saat meninjau kawasan tersebut, belum lama ini.

Menteri Eko menyakini dengan pengelolaan wisata bukit cula oleh BUMDes akan berdampak pada perekonomian di Desa Bumiwangi dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa setempat.

"Saya dapat laporan kalau pertanian di sini surplus dan akan membuat pertanian organik. Jadi, kalau bisa BUMDesnya diarahkan juga untuk mengelola sampah-sampah untuk bikin pupuk organik dan plastiknya dijual sebagai pelet plastik sehingga bisa menghasilkan tambahan pendapatan buat masyarakat di samping pertanian menjadi pertanian organik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Rudi, kepala desa Bumiwangi menyampaikan laporan terkait penggunaan anggaran Dana Desa khususnya untuk kegiatan padat karya tunai terutama untuk mengembangkan area wisata Bukit Cula dengan pembukaan akses jalan.

Menurutnya, sekitar 20 hektar area wisata Bukit Cula akan dibentuk konservasi alam untuk pemulihan alam dan menahan erosi tanah serta bekal anak cucu di masa mendatang. "Bukit Cula ini kita harus rawat dan pulihkan dari sakit. Pemerintah desa Bumiwangi dan warga telah berkomitmen agar Bukit Cula menjadi indah, aman, nyaman dan tampak lingkungan hijaunya tertata dengan baik," katanya.

Rudi mengatakan bahwa Bukit Cula yang menjadi potensi wisata dipastikan akan dikelola oleh BUMDes agar dapat meningkatkan perekonomian desa. "Sebagai wisata alam, Bukit Cula ini akan dikelola oleh BUMDes agar pendapatan desa juga meningkat. Ke depan kita akan kembangkan juga area untuk wisata edukasi, embung, dan wisata minimalis di kawasan Bukit Cula," katanya. (*)

KOMENTAR