ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Wisatawan yang Datang ke Yogyakarta harus Membawa Surat Sehat

Rabu , 15 Juli 2020 | 14:00
Wisatawan yang Datang ke Yogyakarta harus Membawa Surat Sehat
Foto ilustrasi: wikimedia common
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pengelola perhotelan menanyakan surat keterangan sehat seluruh tamu atau wisatawan dari luar daerah yang menginap untuk mencegah penularan COVID-19 di DIY.


"Wisatawan yang datang ke wilayah DIY harus membawa surat keterangan sehat. Pihak hotel juga harus menanyakan surat keterangan sehat itu," kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo dalam diskusi bertajuk New Normal New Touris yang berlangsung secara daring di Yogyakarta, seperti dilansir Antara.


Menurut Singgih, persyaratan surat keterangan sehat itu telah diatur dalam prosedur standar operasi (SOP) normal baru di DIY.
Ia mengatakan upaya kehati-hatian dalam menerima wisatawan harus tetap dilakukan mengingat kasus COVID-19 di DIY belum menunjukkan tren penurunan.


"Ini bagian kehati-hatian kita karena sekarang itu kan di Yogyakarta trennya meningkat dan kalau dilihat dari riwayatnya dari luar daerah," kata dia.


Ia berharap pihak hotel serta pengelola objek wisata mampu mengedukasi para wisatawan menerapkan protokol kesehatan.
Agar mudah diingat, Singgih menyebut sejumlah protokol kesehatan untuk wisatawan dengan nama Tiga Rukun Pencegahan COVID-19, yakni pakai masker, cuci tangan atau menggunakan handsanitizer, dan jaga jarak.


Wakil Sekretariat Gugus Tugas Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19 Biwara Yuswantana mengatakan uji coba pembukaan objek wisata harus diikuti dengan evaluasi secara berkala kendati hingga kini belum ditemukan kasus COVID-19 di destinasi wisata.
"Uji coba ini dimanfaatkan untuk kesiapan, pembatasan dilakukan dengan ketat. Kunjungan wisatawan dominan masih domestik, baru diikuti luar kota," katanya. (*)

KOMENTAR