ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

22% Negara di Dunia mulai Buka Perbatasan untuk Pariwisata

Kamis , 25 Juni 2020 | 14:49
22% Negara di Dunia mulai Buka Perbatasan untuk Pariwisata
Ilustrasi foto: Julius Silver from Pixabay

ARAHDESTINASI.COM: Hingga pertengahan Juni 2020, tercatat 22% (48 negara tujuan wisata) diseluruh dunia mulai meringankan pembatasan perjalanan atau naik dari hanya 3% (7 negara tujuan) pada 18 Mei 2020.

Organisasi pariwisata dunia atau UN World Tourism Organization (UNWTO) dalam laporannya menyebutkan, per pertengahan Juni ini ada 37 tujuan di Eropa, termasuk 24 dari 26 Negara Anggota Schengen yang sudah memperlonggar pembatasan. Selain itu tercatat 6 tujuan di Amerika, 3 tujuan di Asia dan Pasifik, dan 2 negara tujuan di Afrika.

Dalam keterangan tertulis di laman resmi UNWTO juga dijelaskan bahwa 65% atau 141 negara tujuan, masih terus melakukan pembatasan penuh untuk pariwisata internasional.

Di Afrika, proporsi tujuan di mana perbatasan tetap tertutup bagi wisatawan kini mencapai 85%. Di Amerika, 76% mempertahankan penutupan perbatasan, Di Asia Pasifik 67% masih mempertahankan pembatasan penuh, Sedangkan di Timur Tengah persentasenya masih 92%.

Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili mengatakan, memulai kembali aktivitas pariwisata sangat penting untuk memutar roda bisnis atau ekonomi nasional.

“Namun semuanya harus dilakukan dengan bertanggungjawab dan terukur, Krisis ini belum berakhir. UNWTO akan terus bekerjasama dengan negara-negara anggota di seluruh dunia untuk mengurangi dampak pandemi dan untuk memastikan bahwa, ketika waktunya tepat, pariwisata dapat membantu mendorong pemulihan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.” (*)

 

KOMENTAR