ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Belitung Siap Terapkan Tatanan Normal Baru

Sabtu , 30 Mei 2020 | 20:22
Belitung Siap Terapkan Tatanan Normal Baru
Foto: klook

ARAHDESTINASI.COM: Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menerapkan tatanan kehidupan normal baru pascapandemi virus corona baru atau COVID-19.

"InsyaAllah kami siap jadi tanggal 2 Juni nanti kami siapkan protokol SOP normal baru dan tanggal 3 kami coba sosialisasi dan simulasikan,”ujar Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan baru-baru ini seperti dikutip Antara.

Saat ini, papar Sahani, pihaknya sedang menyusun protokol tatanan normal baru di beberapa sektor, seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, transportasi, dunia usaha, UMKM dan aspek sosial kemasyarakatan.

"Kalau untuk persoalan ketahanan pangan itu nanti ada petunjuk tersendiri," katanya.

Bupati menambahkan, kesiapan Belitung dalam menjalankan tatanan kehidupan normal baru dengan mempertimbangkan beberapa hal, termasuk terkendalinya penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu.

Sejauh ini, katanya, Belitung mampu menekan luas penyebaran virus corona baru di daerah itu dengan mengoptimalkan penelusuran dan pememutusan mata rantai COVID-19.

"Kalau dilihat penyebarannya kecil dari lima Kecamatan ada empat Kecamatan yang bersih jadi bisa dikatakan Belitung saat ini adalah zona kuning menuju zona hijau," ujarnya.

Rencananya penerapan tatanan normal baru akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang dengan diawali sosialisasi dan simulasi terlebih dahulu.

Ia juga meminta masukan serta saran dari sejumlah pihak dalam rencana penerapan tatanan normal baru.

"Kami harapkan tanggal 1 Juli sudah penerapan new normal atau tatanan kehidupan normal baru ini sudah dapat dijalankan," katanya. (*)

KOMENTAR