ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Cegah Covid-19, Warga Negara Indonesia Dilarang Masuk Jepang

Kamis , 02 April 2020 | 21:58
Cegah Covid-19, Warga Negara Indonesia Dilarang Masuk Jepang
Foto: Foto: Masashi Wakui from Pixabay

ARAHDESTINASI.COM: Mulai 3 April 2020 pukul 00.00, Pemerintah Jepang melarang warga negara Indonesia untuk masuk ke Jepang dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dalam situs resminya menyebutkan bahwa Indonesia termasuk satu dari 49 negara yang warga negaranya dilarang masuk ke Jepang, kecuali dalam kondisi darurat. Kebijakan itu juga berlaku untuk semua warga negara asing yang dalam waktu 14 hari pernah berkunjung ke 49 negara yang masuk dalam penolakan keimigrasian Jepang.

Untuk pengecualian, kebijakan ini tidak diterapkan bagi WNI dengan status penduduk tetap, memiliki suami/istri warga negara Jepang, memiliki suami/istri penduduk tetap, dan pemegang izin tinggal tetap yang meninggalkan Jepang dan mengisi izin masuk kembali (re-entry permit) sampai dengan 2 April 2020. Namun, apabila WNI dan penduduk dari negara yang masuk list keimigrasian Jepang keluar dari Jepang setelah 3 April 2020, maka tidak dapat masuk kembali ke Jepang.

WNI termasuk warga negara Jepang yang tinggal di Jepang yang masuk dalam pengecualian akan diminta menjalani tes PCR di bandara kedatangan, melakukan karantina mandiri di tempat yang ditunjuk oleh kepala kantor karantina selama 14 hari serta pemeriksaan kesehatan di otoritas kesehatan Jepang.

Mereka juga tidak diperbolehkan menggunakan sarana transportasi umum dari bandara ke tempat karantina.

Selain kebijakan tersebut, pemerintah Jepang juga menangguhkan penerapan bebas visa (visa waiver), visa berdasarkan perjanjian yang berkaitan dengan APEC Business Travel Card (ABTC), serta seluruh visa yang diterbitkan Kedubes/Konsulat Jepang sebelum 2 April 2020. (*)

KOMENTAR