ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Banyak Negara Imbau Warganya tidak Bepergian ke Wuhan

Rabu , 22 Januari 2020 | 14:14
Banyak Negara Imbau Warganya tidak Bepergian ke Wuhan
Foto ilustrasi: engin akyurt from Pixabay
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Banyak negara menyerukan imbauan agar berhati-hati melakukan perjalanan ke negara-negara yang terkena wabah, meski belum sampai pada tahap travel warning. Pihak berwenang Taiwan menyerukan kepada warga mereka untuk tidak mengunjungi kota China, Wuhan, kecuali benar-benar mendesak. Wabah corona diberitakan telah menyebar ke kota-kota lainnya di China seperti Beijing dan Shanghai. Kasus serupa juga ditemui di Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

Pemerintah Taiwan seperti dikutip dari Reuters, memiliki stok 44 juta masker dan hampir dua juta masker khusus N95 yang menawarkan perlindungan lebih besar, dan akan menyebarkannya sesuai kebutuhan.

Menteri Transportasi Lin Chia-lung menulis di halaman Facebook-nya bahwa maskapai penerbangan Taiwan harus mempertimbangkan penangguhan rute ke Wuhan.

Taiwan mengkonfirmasi kasus infeksi pertama dari virus corona baru. Seorang wanita berusia 50-an yang telah kembali ke pulau itu setelah bekerja di Wuhan, terjangkit virus tersebut.

Penyebaran virus corona membuat calon wisatawan Indonesia yang akan berlibur dan melakukan urusan bisnis di China mempertimbangkan ulang rencana tersebut.

Hendra, 32, rencananya akan melakukan perjalanan ke China untuk melaksanakan tugas kantor pada akhir Februari 2020. Namun dia menjadi ragu, dan manajemen kantornya pun memintanya untuk bersikap wait and see.

Keluarga Ami yang rencananya berlibur ke China pada awal maret 2020 juga memilih bersikap wait and see. “Rencananya saya, suami, dan adik-adik ingin berlibur ke Beijing. Tapi berita tentang penyebaran virus corona membuat kami khawatir. Jika memang masih berbahaya, sepertinya kami akan memilih membatalkan perjalanan,” ujar Ami, 65 tahun ketika dihubungi pertelepon di Pekalongan.


Penyebaran virus corona yang baru saja dinyatakan bisa menular dari manusia ke manusia memang membuat banyak wisatawan khawatir. Bandara-bandara di banyak negara seperti Singapura, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, termasuk Indonesia memperketat proses screening.

Sebagai tambahan informasi, epidemi virus corona SARS yang mewabah di Tiongkok pada tahun 2002-2003, menewaskan hampir 800 orang. (*)

KOMENTAR