ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Pemprov Papua Minta Sriwijaya Air Klarifikasi Kondisi Pesawat

Sabtu , 27 Juli 2019 | 16:22
Pemprov Papua Minta Sriwijaya Air Klarifikasi Kondisi Pesawat
Foto ilustrasi: wartaekonomi.co.id

ARAHDESTINASI.COM: Pemerintah Provinsi Papua Barat berencana memanggil pihak maskapai penerbangan Sriwijaya Air untuk memberikan klarifikasi terkait kondisi pesawat yang akhir-akhir ini mengalami masalah.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat, Agustinus Kadakolo di Manokwari, baru-baru ini menyebutkan pesawat Sriwijaya Air yang beroperasi di Papua Barat sudah tidak layak.

"Sriwijaya masih mengoperasikan pesawat Boeing 737 seri 300 dan 500. Pesawat ini sudah terlalu tua harus diremajakan," kata dia seperti dikutip Antara.

Agustinus menyebutkan, masyarakat Papua Barat harus mendapat pelayanan yang baik dan faktor keselamatan harus menjadi pertimbangan dalam setiap penerbangan.

"Sudah beberapa kali mengalami masalah di Manokwari juga di Sorong. Badan pesawat memang masih kelihatan baru tapi sejatinya itu pesawat tua," katanya.

Selain memanggil maskapai, katanya, Pemprov pun akan melayangkan surat kepada Dirjen Perhubungan untuk meninjau kembali kelayakan pesawat Sriwijaya Air, terutama yang melayani rute penerbangan ke wilayah Papua Barat.

Menurut dia, maskapai Sriwijaya Air harus terbuka kepada publik dan tidak memaksakan pesawat tua yang selama ini beroperasi.

Branch Manager Sriwijaya Air Cabang Manokwari, I Gusti Ngurah Putu Chrisna pada kesempatan terpisah mengatakan, pesawat milik maskapainya masih layak terbang. Sebelum beroperasi, semua sudah melalui proses uji kelayakan yang dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Pesawat kita layak dan release oleh Dirjen Perhubungan Udara untuk aircraft kita. Untuk technical reason kita tidak memprediksi namun Sriwijaya Air selaku member dari Garuda Indonesia selalu mengutamakan safety," kata Gusti. (*)

KOMENTAR