ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Berziarah ke Taman Lumbini Nepal

Sabtu , 08 Februari 2020 | 15:40
Berziarah ke Taman Lumbini Nepal
Foto-Foto: www.welcomenepal.com

ARAHDESTINASI.COM: Taman Lumbini, Nepal, bukan sekadar destinasi wisata, tetapi juga tempat ziarah. Di dalam Taman Lumbini ada bangunan dari berabad-abad lalu yang menjadi tempat kelahiran Sang Budha Sidharta Gautama.

Lumbini terletak di Distrik Kapilavastu, Nepal, dekat perbatasan dengan India. Di Taman Lumbini wisatawan bisa menyaksikan kuil dari beragam negara di dunia. Puncaknya adalah melihat tempat kelahiran Sang Budha yang terletak di dalam bangunan yang dulunya merupakan bagian dari kerajaan tempat Sidharta Gautama tumbuh. Sayangnya, di dalam bangunan tempat kelahiran Sang Budha tidak boleh mengambil foto.

lumbini2

Di dalam bangunan pengunjung diharuskan tenang. Sebagian batu bata di dalam bangunan masih menyisakan sisa-sisa kilau emas murni. Di sekitar bangunan tersisa fondasi kerajaan seperti bata-bata kuno.

Dari Kathmandu Ibu Kota Nepal ke Lumbini sekitar 290 km, butuh waktu perjalanan darat sekitar 8 jam. Sepanjang perjalanan, bus akan berhenti di beberapa tempat untuk beristirahat dan mempersilakan penumpang turun untuk makan dan buang air kecil. Jangan mengharapkan kamar mandi modern. Di setiap perhentian kamar kecil yang tersedia masih sangat tradisional, tapi lumayan bersih dibandingkan dengan kamar mandi umum kebanyakan di Nepal.

Transportasi dalam kota di Lumbini menggunakan taksi atau bajaj. Pandai-pandailah menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Lumbini kota yang panas dan berdebu. Karena itu, sangat disarankan menggunakan topi dan masker. (*)

KOMENTAR