ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

10 Kota Tua Dunia yang Wajib Dikunjungi

Minggu , 26 Agustus 2018 | 10:19
10 Kota Tua Dunia yang Wajib Dikunjungi
Kota tua Caceres, Spanyol / Foto: Dok booking.com
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Menyusuri Kota dan menikmati pemandangan adalah dua dari tiga perjalanan paling populer di tahun 2018. Survei yang dilakukan booking.com menunjukkan hampir setengah dari wisatawan global (45%) terdorong untuk melakukan perjalanan karena ingin mengunjungi tenpat-tempat bersejarah, berjalan-jalan di gang berbatu, dan menikmati keindahan kota-kota tua bersejarah yang memiliki pemandangan indah.

Dari survei tersebut kemudian disusun 10 kota tua bersejarah yang direkomendasikan, plus penginapan yang bisa dituju yang diharapkan akan melengkapi perjalanan wisata konsumen.

1. Tallinn, Estonia
Populer di kalangan wisatawan karena tempatnya indah mirip dongeng-dongeng klasik. Memiliki menara abad pertengahan, atap miring, dan halaman tersembunyi. Kota Tullin sudah ada sejak abad 14, dan memiliki banyak terowongan menarik yang biasanya ditandai dengan batu bulat. Terowongan bawah tanah itu memungkinkan para pengunjung untuk menjelajah lebih jauh sejarah Estonian, mulai dari pendudukan Swedia di abad ke-17 hingga gudang tempat penyimpanan bom Perang Dunia II.
Waktu untuk Pergi: Idealnya Mei hingga September. Namun jika ingin menghindari keramaian, Tallinn dapat menjadi lebih ajaib pada akhir musim gugur di bulan November. Nikmati harga akomodasi 20 persen lebih tmurah ketimbang waktu termahal dalam setahun.

2. Pingyao, China
Pingyao dibangun pada abad ke-14 dan sering dianggap sebagai tembok kota kuno yang paling terawat. Saat ini, Situs Warisan Dunia UNESCO yang masih mempertahankan peninggalan sejarah dari dinasti Ming dan Qing itu menawarkan kunjungan ke Temple of Literature yang telah berusia berabad-abad untuk dapat belajar tentang filosofi Confusius serta menaiki tembok dan menara pengawas.
Waktu untuk Pergi: Harga tertinggi jatuh pada bulan Januari dan Februari karena bertepatan dengan Tahun Baru China. Harga di bulan Juli dan Agustus juga tinggi. September dan Desember bulan ideal untuk mengunjungi . Pada bulan Desember biasanya harga akomodasi turun hingga 30 persen.

3. Kotor, Montenegro
Kotor adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu kota abad pertengahan terbaik yang dilestarikan di daerah Adriatik. Mendaki Benteng San Giovanni untuk melihat pemandangan kota tua akan memberi pengalaman dramatis. Coba juga melakukan perjalanan dengan kapal ke ikon Our Lady Of The Rocks, sebuah Gereja Katolik Roma yang bertengger di pulau kecil di Bay of Kotor.
Waktu untuk Pergi: Hindari keramaian dan kapal pesiar untuk berpergian di luar musim turis pada bulan Juli dan Agustus. Harga bisa 50 persen lebih terjangkau di bulan November.

4. San Antonio de Areco, Argentina
Cobalah merasakan denyut nadi gaucho Argentina di tengah-tengah The Pampas. San Antonio de Areco adalah kota kecil yang didirikan pada tahun 1730 dan merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang menjelajahi The Pampas. Kunjungi juga Museum Gaucho untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan menggali tradisi koboi Amerika Latin. Jangan lupa berjalan-jalan di sekitar jalan-jalan kolonial abad ke-18 atau mengunjungi salah satu peternakan di sekitarnya.
Waktu untuk Pergi: Harga tertinggi berada pada bulan Januari dan Februari dan bulan Juli. Tetapi jika datang pada bulan Oktober atau November, Anda akan disambut dengan harga yang 20 persen lebih terjangkau daripada waktu termahal. Pergi pada bulan November juga memungkinkan pengunjung untuk menangkap Fiesta de la Tradición, seminggu perayaan yang menampilkan gaucho menunggang kuda.

5. Nurnberg, Jerman
Dengan arsitektur ala abad pertengahan, kastil beratap merah besar serta beragam situs bersejarah di kota terbesar kedua Bavaria adalah alternatif yang nyaman dan membumi. Jelajahi sejarah Jerman di museum kereta api lalu Germanisches National Museum, yang juga merupakan rumah tertua di dunia.
Waktu untuk Pergi: Harga di Nurnberg akan cukup stabil di harga terendah antara bulan September dan November. Jika Anda pergi pada bulan September Anda juga dapat mengejar Festival Musim Gugur tahunan serta mendapatkan harga hingga 40 persen lebih terjangkau ketimbang waktu termahal dalam satu tahun.

6. Pendleton, Oregon, Amerika Serikat
Dikenal karena kemeja kotak-kotak wolnya yang ikonik dan rumah yang membanggakan bagi salah satu rodeo top dunia. Pendleton merupakan contoh hidup dari kota tua perbatasan Wild West. Ikuti tur sejarah tentang penjelajahan kota sebelumnya, kunjungi Woolen Mill yang ikonik atau dapatkan perspektif asli dari sejarah pemukiman kota Tamástslikt Lembaga Budaya.
Waktu untuk Pergi: Musim dengan harga tertinggi berlangsung dari Juli hingga September, berpuncak pada Rodeo Pendleton Round-up. Oktober adalah waktu yang tepat untuk pergi karena harga akomodasi turun sekitar 25 persen.

7. Šibenik, Kroasia
Šibenik adalah kota tertua di Adriatik yang didirikan oleh Kroasia. Kunjungi katedral kapur putih yang dramatis di St. James, naik feri ke kawasan pemukiman nelayan terdekat untuk berbelanja perhiasan karang atau sekedar menikmati minuman menyegarkan di sepanjang pemandangan tepi laut Dalmation yang menakjubkan.
Waktu untuk Pergi: Musim panas menawarkan harga akomodasi termahal. Datanglah bulan September, dengan suhu masih nyaman di pertengahan 20 derajat Celcius (pertengahan 70 derajat Fahrenheit) dan harga akomodasi kira-kira 40 persen lebih terjangkau. Dari November hingga Maret, harga bahkan bisa turun hingga 80 persen dibandingkan dengan bulan musim panas.

8. Caceres, Spanyol
Sudah berabad-abad Caceres menjadi sorotan di Camino hingga Santiago. Ini tempat yang digunakan sebagai lokasi syuting film terbaru dari Game of Thrones, sehingga menjadi tambahan alasan mengapa Caceres kian menarik dikunjungi.
Waktu untuk Pergi: Cuaca yang ideal di Caceres adalah di musim semi dan awal musim gugur. Tentu pada masa itu akomodasi menawarkan harga tertinggi. Tunggulah hingga masuk bulan November, Anda akan menemukan harga hingga 25 persen lebih terjangkau daripada waktu paling mahal dalam setahun.

9. Bergamo, Italia
Berlokasi di Lombardy, jantung Bergamo ini tercipta dari dinding tua yang dikenal sebagai Citta Alta, yang dikelilingi oleh benteng besar. Berkelilinglah di sekitar tembok kota Venesia abad ke-16, yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, atau naik kereta gantung bersejarah untuk menikmati pemandangan kota yang indah.
Waktu untuk Pergi : Musim yang sepi dimulai pada bulan November, dengan harga akomodasi sekitar 20 persen lebih terjangkau ketimbang waktu termahal dalam setahun.

10. Oatlands, Tasmania, Australia
Oatlands adalah tempat perhentian bersejarah untuk berkeliling Tasmania. Salah satu pemukiman tertua di Tasmania, pengunjung dapat langsung kembali ke awal abad ke-19, ketika pemukim Eropa membangun 138 bangunan batu yang membentuk lanskap kota nan ikonik. Ikuti tur yang dipandu sendiri di sekitar jalan raya dan jangan lupa untuk berkunjung ke Callington Mill, satu-satunya kincir angin kolonial Australia yang beroperasi penuh.
Waktu untuk Pergi: Musim panas Australia (Desember, Januari) menjadi waktu termahal. Jika ingin mendapatkan harga akomodasi 20% lebih terjangkau, datanglah di bulan Oktober dan November. (*)

KOMENTAR