ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Sate & Soto Langganan Jokowi

Senin , 22 Oktober 2018 | 09:46
Sate & Soto Langganan Jokowi
Foto: Istimewa
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Ini dua kulineran Solo kesukaan Presiden Jokowi. Ada banyak kuliner enak di Solo yang s jadi langganan Presiden, dua di antaranya Soto Gading dan Sate Buntel Mbok Galak.

Sate Buntel
Sate Buntel salah satu kuliner kesukaan keluarga Presiden Jokowi. Salah satu tempat yang kerap disambangi adalah Warung Sate Kambing Mbok Galak di Jalan Mangun Sarkoro, Solo. Selain Presiden, sudah banyak pejabat negara dan publik figur yang sengaja datang mencicipi menu Mbok Galak.

Sesuai namanya, berbagai menu olahan kambing tersedia, mulai dari tengleng, tongseng, sate kambing, dan sate buntel yang katanya paling digemari presiden dan sebagian besar pelanggan lainnya. Sate buntel terbuat dari daging kambing cincang yang kemudian dililitkan ke tusukan, mirip dengan sate di Bali. Ukurannya lumayan besar, sehingga ada cara membakar khusus agar kematangannya terasa pas. Satu porsi sate buntel berisi dua tusuk

Seperti sate pada umumnya, sate buntel dibumbui kecap dengan irisan bawang merah, kol, dan cabe. Rasanya gurih, empuk dan lembut, karena menggunakan kambing muda. Harganya Rp35 ribu/porsi. Warung Sate Kambing Mbok Galak buka hingga pukul 19.00.

Soto Gading
Soto yang satu ini kuahnya bening tapi agak kental, di dalamnya ada bihun, suwiran daging ayam, tomat, irisan daun bawang, dan sebagai penyedap bisa dilengkapi jeruk nipis, kecap, dan sambal. Rasanya mesti dicoba sendiri. Tapi jadi lebih nimat jika dilengkapi dengan makanan pendamping seperti tempe goreng, sate telur puyuh, telur pindang, peyek, otak, ati rempela, perkedel, dan masih banyak lagi.

Soto Gading yang sudah ada sejak 1974 itu terletak di Jalan Brigjen Sudiarto, buka sejak pukul 06.00, tapi tutup setelah makan siang sekitar pukul 15.00. Warungnya sederhana, tapi sudah banyak pejabat negara dan publik figur yang sengaja mampir untuk makan di tempat ini. Saat makan pagi dan siang, sudah bisa dipastikan selalu ramai. Sepeda ontel, sepeda motor, hingga kendaraan roda empat parkir berjejer. Satu porsi soto dihargai Rp5000 sampai Rp13 ribu. Bisa pesan setengah, satu porsi, dicampur dengan nasi, atau nasi dan soto terpisah.

(*)

KOMENTAR