Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Tempat Berburu Kuliner Ramadan


 Tiga Tempat Berburu Kuliner Ramadan Foto: Kompasiana/Dok Selamet Hariadi

ARAHDESTINASI.COM: Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Muslim seluruh dunia. Begitu juga di Indonesia. Terlepas dari faktor keyakinan, bulan Ramadan selalu memunculkan beragam kuliner khas dan unik.

Sejak tahun kemarin, suasana Ramadan menjadi berbeda karena pandemi Covid-19. Kuliner khas tetap bermunculan, namun kita harus lebih hati-hati menghindari kerumunan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pandemi Covid-19 membuat tren wisata berubah.

“Pandemi ini membawa kita melakukan transformasi. Tren pariwisata bergerak yang dulunya berbondong-bondong dan massal, kini pendekatannya perlu dikembangkan sebagai pariwisata berkelanjutan,” ujar Sandiaga di sebuah acara, awal April 2021.

Menyambut bulan Ramadan dengan berwisata #DiIndonesiaAja adalah pilihan yang tepat. Terlebih banyak destinasi wisata kuliner yang aman dikunjungi, asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan rjajin cuci tangan.

Berikut tiga lokasi wisata kuliner seru di Indonesia yang bisa didatangi untuk persiapan buka puasa:

Masjid Sunda Kelapa (DKI Jakarta)Jakarta salah satu pusat kuliner di Indonesia. Selama bulan Ramadan ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tujuan untuk mencari hidangan berbuka. Salah satunya adalah kawasan Masjid Sunda Kelapa. Pada saat bulan puasa, area pelataran masjid dipenuhi berbagai macam kuliner yang bisa dipastikan akan membuat pengunjung bingung memilih.

Pasar Sore Kauman (Yogyakarta)Tempat ini merupakan salah satu pasar Ramadan legendaris di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, pasar tersebut berada di Kampung Kauman yang berdekatan dengan Masjid Gedhe Kauman. Berkunjung ke tempat ini, wisatawan tak hanya disuguhi wisata religi dan sejarah, tapi juga kuliner yang beragam.Jelas menggiurkan bukan?

Jalan A Yani Denpasar (Bali)Meski mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu, sentra kuliner Ramadan juga bisa ditemui di Denpasar, tepatnya di sepanjang jalan A Yani, Denpasar Barat. Di tempat ini kalian bisa menemukan berbagai makanan khas buka puasa seperti kolak pisang, es cendol, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, cukup menarik wisata kuliner khas Ramadan #DiIndonesiaAja? Sekali lagi, jangan abaikan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun ya! (*)

Editor : Lintang Rowe

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Kuliner Terbaru