ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Punclut Garden, Tempat Ngopi di Tengah Alam Kembali Dibuka

Rabu , 15 Juli 2020 | 22:50
Punclut Garden, Tempat Ngopi di Tengah Alam Kembali Dibuka
Foto: Dok Punclut Garden
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Semenjak berakhirnya PSBB di Jawa Barat, banyak kafe dan warung kopi kembali buka. Salah satu di antaranya Punclut Garden di kawasan Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


Pemilik Punclut Garden Olav Rene, menuturkan kedai kopi miliknya dibuka kembali mulai 12 Juni. Namun, jam bukanya menyesuaikan adaptasi kebijakan new normal, yakni hanya sampai pukul 20.00.


Terkait protokol kesehatan, pihak pengelola menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di depan pintu masuk dan mengharuskan karyawan menggunakan masker.


Sedangkan untuk aturan social distancing, Olav mengatakan tak terlalu ketat karena jarak antara satu meja panjang dengan yang lainnya sedari dulu sudah dirancang cukup jauh. Selain itu, Punclut Garden merupakan ruang terbuka atau outdoor. “Kalau gerimis ya bubar,” ujarnya.


Seperti usaha-usaha kedai kopi lainnya, omzet Punclut Garden turun hingga menyentuh 50%. “Kalau untuk kedai kopi dengan pasar menengah ke bawah, masih ada pemasukan walaupun ada penurunan yang berkisar di angka 30 persen. Namun untuk yang pasar menengah ke atas, sangat terasa penurunannya, karena mencapai 50 persen,” terang Olav ketika dihubungi belum lama ini.


Untuk menyiasati adanya penurunan omset ini, pihak pengelola Punclut Garden memaksimalkan beberapa strategi, di antaranya memperbanyak promosi, baik itu di media sosial maupun melalui komunitas-komunitas yang sering berkunjung. Selain itum ada juga program potongan harga untuk beberapa menu yang ada.


Menyatu dengan Alam
Punclut Garden menawarkan tempat untuk bersantai dengan suasana yang menyatu dengan alam. Lokasinya berada di pinggiran kota dengan adanya lahan parkir yang luas, fasilitas WiFi dan juga selfie spot yang memadai, sehingga pengunjung tidak bosan.


“kami menawarkan suasana yang nyaman untuk bercengkrama dan menikmati kopi dengan menyediakan fasilitas yang sama dengan apa yang didapat saat ngopi di dalam kota. Jadi pengunjung juga bakalan betah menghabiskan waktu lama di sini, terutama saat lihat pemandangan alamnya.” Tutur Olav.


Punclut Garden bukan hanya menawarkan konsep menyatu dengan alam, tetapi juga mengajak pengunjung menikmati udara dingin dan bersih.


Karena suhu udara cenderung dingin, maka warung ini menawarkan menu andalan aneka kopi dan gorengan, mulai dari, bakwan, pisang goreng, singkong dan gehu. Jenis kopi nya pun beragam, mulai dari V60 hingga latte. (Aulia/*)

KOMENTAR