ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Cafe Movie di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Bersantai

Jumat , 24 Januari 2020 | 19:23
Cafe Movie di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Bersantai
Foto: Dok Pelangi Nusantara
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Jakarta punya kafe-kafe yang memadukan dengan hobi menonton. Konsep bersantai ini sampai sekarang diminati banyak usia, terutama kalangan muda. Ada kafe movie yang sudah menetapkan jam dan film yang diputar, ada juga yang memberi kebebasan memilih pada konsumen. Asyiknya, sebagian menawarkan film-film indie bermutu yang bisa jadi santapan pikiran sembari ngupi-ngupi. Berikut dua kafe movie yang bisa dijadikan pilihan:

IMG_6149



Subtitles
Subtites terletak di Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan dan sudah ada sejak 2005. Awalnya dikenal sebagai tempat penyewaan DVD film-film non-Hollywood. Namun, seiring perkembangan zaman, pemiliknya melakukan inovasi hingga tak terlindas perkembangan zaman.

Semula hanya menyediakan ruang kecil yang bisa digunakan sebagai tempat menonton film, kemudian berkembang menjadi beberapa ruang dengan konsep seperti sekarang, movie cafe.

Jika datang ke Subtitles, pilih sendiri film favorit Anda and let the show begins. Kira-kira semudah itu cara menikmati film di tempat ini. Koleksi-koleksi Subtitles tertata rapi di rak kaca bagian depan toko. Ada sekitar 4000-an DVD lebih yang juga bisa dilihat di katalog digital di sudut pajangan merchandise yang dijual.

Membawa film sendiri dalam bentuk DVD original maupun softcopy di flashdisk pun diperbolehkan. Jika membawa file softcopy dalam flashdisk, pastikan memberi tahu terlebih dahulu kepada petugas. Sebab, ruang film yang dapat memutar file tersebut hanya ada satu dari 5 ruangan yang ada.

Ruang untuk menonton di Subtitles dilengkapi dengan beberapa lembar selimut dan sofa-sofa besar nyaman berkapasitas 6 orang. Jika ingin menonton lebih dari 6 orang dalam satu ruangan, perorang dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 dengan maksimal penambahan sebanyak 6 orang.

Harga sewa mini bioskop di tempat ini tergolong terjangkau. Nonton hemat di sesi pertama pada pkl 10.00 seharga Rp150.000/ ruangan. Sedangkan Senin-Kamis Rp185.000/ ruangan, dan akhir pekan serta hari libur nasional seharga Rp240.000. Harga sewa tersebut untuk 2 jam. Jika lebih dari waktu tersebut, per 30 menit dikenakan biaya tambahan sebesar Rp50.000 untuk hari biasa dan Rp75.000 untuk akhir pekan.

Untuk mengamankan ruangan yang dipesan, sebaiknya reservasi terlebih dahulu, satu hari sebelum pemutaran film. Pemutaran film di tempat ini dilakukan setiap jam-jam genap, seperti pkl 10.00, 12.00, 14.00, dst. Jangan bawa makanan dan minuman dari luar, sebab mereka menyediakan banyak menu yang dapat dipesan. Silakan menikmnati waktu santai, ngopi dan makan cantik, sembari menonton film.

Subtitles terletak di Dharmawangsa Square Basement unit 29-30
Telepon 021-72788336/7, 087880490302, buka Senin-Kamis pkl 10.00-22.00 (Jumat, Sabtu, dan Minggu sampai pkl 24.00)

 

IMG_6172

Kinosaurus
Kinosaurus menyediakan ruang pemutaran film yang memungkinkan pengunjung memilih tempat duduk santai dengan sudut-sudut favorit.

Ruangan yang tersedia disulap bak home theatre yang nyaman dan menyenangkan. Berbagai pilihan tempat duduk berupa beanbag, sofa maupun kursi-kursi panjang ditata sedemikian rupa, sehingga memberi memunculkan perasaan nyaman serasa ada di rumah sendiri.

Kinosaurus memiliki jadwal pemutaran film sendiri secara reguler pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Menurut Ari Herwibowo, Kino Host Kinosaurus, mereka memutar film-film indie dan festival dari Indonesia dan berbagai negara.

Tempat ini menjadi wadah bagi film-film yang tidak ditayangkan secara komersil dan juga tempat pecinta film menemukan film-film anti-mainstream favoritnya yang tidak diputar di bioskop-bioskop besar. Setiap bulannya mereka memiliki tema besar mengenai film-film yang akan diputar. Agustus misalnya, tentang kemerdekaan, April tentang perempuan, dan sebagainya. Jadwal film yang diputar dapat dilihat di media sosial Kinosaurus di Instagram, web, dan Twitter.

Selain pemutaran film secara reguler, Kinosaurus juga menyewakan tempatnya untuk berbagai kegiatan, seperti ulang tahun, rapat, FGD, private screening, dll. Penyewaan diperbolehkan di luar jadwal pemutaran reguler. Reservasi dilakukan seminggu sebelum acara, jika terlalu dekat dengan waktu acara (3 hari sebelum) dikenakan biaya tambahan sebesar Rp500-600 rbu.

Fasilitas yang disediakan antara lain proyektor, laptop, speaker, dan ruangan yang nyaman. Sewa ruangan Kino per jam seharga Rp500.000 pada hari biasa dan Rp600.000 pada akhir pekan dengan minimal sewa selama 2 jam dan kapasitas 30 orang.

Setiap penyewaan ruangan di Kinosaurus mendapat voucher Rp150.000 untuk menikmati makanan dan minuman di Ruang Seduh, Ziato Gelato, Donat Kampung, dan Mee Pandjang Umur berada tak jauh dari tempat pemutaran film. Menurut Ari, acara bedah film yang mendatangkan film maker-nya kerap diadakan setelah acara pemutaran film reguler oleh Kinosaurus.

Pemesanan tiket nonton dapat dilakukan dengan datang minimal 1 jam sebelum pemutaran film dimulai. Sambil menunggu waktu menonton, ada toko vinyl, toko kamera analog, toko buku, dan café-café yang masih berada dalam satu area. Harga tiket menonton di tempat ini Rp50.000 untuk umum dan Rp35.000 untuk pelajar.
Pengunjung yang menonton mendapat satu cap untuk tiket masuk yang dapat dikumpulkan. Setiap 10 cap akan diberikan satu kali tiket masuk bebas biaya.

Alamat Kinosaurus di Jl Kemang Raya No 8 B, Jakarta Selatan. Jadwal screening Jumat, Sabtu, Minggu pkl 09.00-22.00 WIB. (*)

KOMENTAR