ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Susur Gua di Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Senin , 12 April 2021 | 10:24
Susur Gua di Taman Nasional Aketajawe Lolobata
Foto-Foto: Opan Jacky Taman Nasional Aketajawe Lolobata
POPULER

 

Penulis: Fuad Bahnan

ARAHDESTINASI.COM: Tak hanya wisata pantai, laut, budaya, sejarah atau pegunungan yang sangat indah nan eksotis yang ada di Maluku Utara. Ada beragam destinasi wisata yang patut Anda kunjungi, khususnya bagi yang suka wisata alam dan menerobos rimbunnya hutan belantara.

Tidak perlu mengeluarkan uang puluhan jutaan rupiah untuk menikmatinya. Maluku Utara punya banyak tempat wisata yang eksotis tapi masih jarang diunjungi, seperti susur gua yang berada di Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

aka4

Secara artian luas, gua adalah cerukan ke dalam atau rongga yang terbentuk secara alami oleh erosi air atau faktor alam lainnya. Menurut penjelasan dari International Union of Speleogoly (IUS), gua adalah setiap ruangan bawah tanah yang berbentuk lorong dan dapat ditelusuri atau dimasuki manusia.

Di Maluku Utara ada Kawasan resort Akejawi yang memiliki bentangan alam karst terbesar dengan sebaran gua terbanyak di Maluku Utara. Resort Akejawi merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata yang terletak di Desa Akejawi, Kecamatan Wasilei Selatan, Kabupaten Halmahera Timur.

aka3

Bagi anda penikmat wisata alam, wajib mengunjungi kawasan ini. Untuk menuju ke kawasan resort akejawi, aksesnya terbilang sangat mudah. Dari Sofifi menuju ke Desa Akejawi bisa di tempuh dengan kendaraan bermotor, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam stengah.

aka1

Untuk wisatawan yang tidak memiliki peralatan untuk caving, tidak perlu khawatir karena di Taman Nasional Aketajawe Lolobata juga menyediakan peralatan atau perlengkapan khusus caving lengkap dengan guide profesional yang siap memandu anda menyusuri setiap sudut kawasan karst di resort Akejawi.

Tunggu apa lagi sobat wisata, ayo datang dan nikmati pesona alamnya serta rasakan sensasi petualangan menyusuri gua-gua di Resort Akejawi Taman Nasional Aketajawe Lolobata. (*)

KOMENTAR