ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Joglo Nusantara, Oase Tersembunyi di Situ Pengasinan

Sabtu , 24 Oktober 2020 | 02:52
Joglo Nusantara, Oase Tersembunyi di Situ Pengasinan
Foto-Foto: Dok Noni
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Rekreasi di masa pandemi? Kenapa tidak? Banyak surga tersembunyi yang bisa dijelajahi, salah satunya kawasan hutan Joglo Nusantara yang lokasinya persis di depan Situ Pengasinan, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok.

Ruang terbuka hijau seluas 7.000 meter persegi itu jelas menjadi oase yang menyejukan. Hutan buatan tersebut hasil kerja keras Heri Blangkon, lelaki kelahiran Magelang yang berhasil mengubah semak belukar menjadi hutan buatan asri yang tertata rapi.

IMG-20200928-WA0044

Di tengah keriuhan Depok, Joglo Nusantara seperti surga tersembunyi. Ratusan pohon tumbuh subur, hijau, dan meneduhkan kawasan tersebut. Heri Blangkon, lulusan Akademi Pertamanan, menanam bersagam jenis pohon, termasuk tanaman langka seperti Metroxilon Sagu ( Pohon Sagu), Pohon Nagasari, hingga Bisbol (buah mentega).

IMG-20200928-WA0037_1

Kecintaan Heri Blangkon pada ruang terbuka hijau membuat pria yang gemar memakai Udeng ini mulai membeli lahan secara bertahap dari tahun 2004. "Saya membangun ini untuk anak-anak kita di masa depan, ada dedaunan hijau, kicau burung yang bisa terdengar setiap waktu, dan pohon-pohon rindang dengan udara yang bersih, segar, dan sehat. Pembangunan di kawasan ini hanya 30%, sisanya ruang terbuka hijau," tuturnya.

Nama Joglo Nusantara, terang Heri, terwakili lewat saung asri yang biasa digunakan sebagai balai atau tempat menjamu tamu-tamu, yang ingin merasakan hutan hijau dan lingkungan asri.

Memberdayakan Masyarakat
Selain menghijaukan lingkungan, Heri Blangkon juga punya cita-cita memberdayakan masyarakat sekitar. Lewat Joglo Nusantara, dia pun merintis konsep agrowisata berbasis tanaman hias yang bisa meningkatkan penghasilan masyarakat setempat.

IMG-20200928-WA0043

Semenjak Pademi Covid 19, Heri dibantu Logo Situmorang juga mencoba membantu memberdayakan masyarakat setempat dengan membuka Warung Kangen Desa.

Warung Kangen Desa yang dikelilingi ruang terbuka hijau sontak menarik hati pengunjung. Apalagi konsep itu dinilai pas dengan kondisi pandemi seperti sekarang. Bersantai di ruang terbuka memberikan perasaan lebih nyaman dan aman.

Alhasil, Warung Kangen Desa yangmenjadi bagian dari Joglo Nusantara ini membuat masyarakat sekitar Depok semakin jatuh cinta pada kawasan hutan tersebut. Apalagi lokasinya persis di depan Situ Pengasinan, kian cocok untuk sekadar bersantai atau pun melakukan rekreasi bersama keluarga.

IMG-20201016-WA0025

Jangan lupa pesan beragam menu tradisional yang terasa lebih nikmat disantap di tengah kerimbunan pepohonan. Warung Kangen Desa menyediakan aneka menu, mulai dari pepes, olahan ikan lainnya, sambal, hingga makanan kecil seperti singkong dan pisang goreng. Jangan lupa menikmati wedang uwuh, teh sereh, kunyit asam, teh tubruk, kopi susu gula aren, dan sebagainya.

Akomodasi
Selain Warung Kangen Desa, Joglo Nusantara juga memiliki 3 rumah kayu tradional yang disewakan untuk pengunjung yang ingin menginap. Tarifnya hanyaRp300 ribu rupiah.

Menginap di Joglo Nusantara benar-benar terasa seperti berada di surga tersembunyi. Tenang, asri, tradisional, dan menyenangkan. Rasanya benar-benar berada di tempat berbeda, padahal hanya beberapa langkah dari situ, keramaian Depok langsung menyambar.

Tunggu apalagi? Joglo Nusantara bisa menjadi salah satu tempat yang masuk daftar pertimbangan untuk didatangi, terutama di saat keinginan untuk berlibur tertahan pandemi Covid-19. (Noni)

KOMENTAR