ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Coba Isi Akhir Pekan di Dua Tempat Ini

Minggu , 16 Februari 2020 | 09:50
Coba Isi Akhir Pekan di Dua Tempat Ini
Foto: istimewa
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Mengisi akhir pekan bersama buah hati di perpustakaan? Kenapa tidak? Jakarta punya banyak tempat yang bisa dijadikan tempat menarik. Bukan sekadar berwisata, namun juga memberi tambahan wawasan. Cobalah datang ke Perpustakaan Nasional, Goethe Institute atau pun beberapa pusat kebudayaan negara lain di Jakarta.

Jangan membayangkan suasana yang membosankan. Perpustakaan Nasional yang dulu terkesan kuno kini telah bertransformasi. Di pusat kebudayaan bukan sekadar mendatangi perpustakaan dengan fasilitas lengkap dan nyaman, tetapi juga bisa mengikuti berbagai kegiatan. Berikut dua tempat yang bisa dijadikan alternatif mengisi akhir pekan.

IMG_6114

Perpusnas
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang terletak di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta itu, kini tampil kekinian dengan fasilitas yang menyenangkan. Pengunjung bisa meminjam buku, bersantai, belajar, dan bekerja dengan suasana nyaman, modern, dan fasilitas kekinian seperti komputer dan wifi.

Ada beberapa ruang baca yang bisa diakses umum di Perpusnas, di antaranya lantai 12,19, 21, dan 22. Selain di lantai 19, semua ruang baca di lantai tersebut dapat diakses tanpa menggunakan kartu anggota. Pengunjung hanya perlu menyimpan tas di loker lantai 1 dan membawa laptop serta barang berharga dalam tas transparan yang telah disediakan.

Akses di lantai 19 Perpusnas dibuat sedikit ketat dengan meninggalkan kartu anggota. Sebab di area tersebut pengunjung diberi keleluasaan menggunakan komputer dan sarana multimedia lain yang ada di dalamnya. Ruang Layanan Multimedia Berbasis wifi di lantai ini menjadi spot favorit para pengunjung. Meja dan kursinya ditata denga gaya masa kini. Beberapa meja pendek tersebar dengan beanbag warna-warni yang nyaman dan terlihat kekinian.

Kartu keanggotaan Perpusnas tidak sulit didapat. Prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak sampai 10 menit jika tidak ada antrean.

Ruang baca di lantai 21 dan 22 menjadi ruangan yang paling banyak dikunjungi. Tempatnya luas, dapat diakses semua orang, baik yang mempunyai maupun yang tidak mempunyai kartu anggota. Koleksi buku-buku di lantai itu pun dapat langsung dilihat dan dibawa ke spot favorit Anda.

Ada berbagai pilihan spot tempat duduk yang nyaman sesuai dengan kebutuhan, di antaranya lesehan menggunakan beanbag, menggunakan kursi sendiri-sendiri maupun berkelompok dengan pemandangan kota Jakarta.

Ada pula ruangan khusus untuk berdiskusi kelompok yang mampu menampung 3-8 orang dengan maksimal waktu 3 jam. Raafi, salah satu pengujung langganan lantai 19 Perpusnas asal Jakarta Timur itu, mengaku merasa senang dengan tempat nyaman yang ada di Perpusnas. “Sebulan terakhir ini saya selalu datang ke sini untuk mengerjakan pekerjaan saya,” ujarnya.

IMG_6099 (1)

Goethe Institut


Pusat studi bahasa Jerman ini bak hidden gem di Jakarta untuk orang-orang yang mencari tempat nyaman untuk bekerja. Selain memiliki berbagai koleksi buku, majalah, film, dan musik Jerman yang dapat dipinjam, dikopi, maupun dinikmati di tempat ini, Goethe Institut memanjakan pengunjung dengan suasana dan beragam fasilitas.

Sifa Nurjannah, Pustakawati Perpustakaan Goethe Institut, menjelaskan ada berbagai fasilitas menarik di lantai 1 perpustakaan ini, di antaranya tempat membaca dengan kapasitas sekitar 30 orang, fasilitas fotokopi maksimal 20 halaman, layanan mesin peminjaman buku otomatis (self-service), dan Game Room. Sedangkan di lantai 2 ada area Mini Kino untuk menonton film, dan tersedia pula music player untuk menikmati koleksi CD.

Sayang untuk fasilitas internet hanya menyediakan untuk anggota saja. Meski demikian, membuat kartu keanggotaan di perpustakaan ini tidak sulit dan biayanya hanya Rp50.000 untuk masa berlaku 1 tahun. Semua fasilitas kecuali wifi dan peminjaman buku diberikan bebas biaya untuk para pengunjung. Setiap hari jumat pkl 12.30-19.00 perpustakaan ini juga menyediakan papan permainan asal Jerman untuk umum.

Banyaknya fasilitas nyaman yang memanjakan pengunjung di tempat-tempat working space baik berbayar mau pun free seperti kedua tempat di atas tentu akan memantik kreativitas untuk memunculkan ide-ide segar dalam berkarya. Sudah mencoba? (*/PN-1)

INFO
Perpustakaan Nasional
Jl Medan Merdeka Selatan no 11 RT 11/ RW 02 Gambir, Jakarta Pusat
Buka Senin-Jumat pkl 09.00-18.00
Sabtu-Minggu pkl 08.00-16.00



Goethe Institut Jakarta
Jl. Sam Ratulangi 9-15, Jakarta 10350
Buka Senin, Kamis, & Sabtu pkl 12.30-19.00, Minggu pkl 11.00-15.00, Jumat 11.30-19.00

KOMENTAR