ARAH KITA | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

6 Destinasi Wisata di Sumba Barat Daya yang Wajib Dikunjungi

Minggu , 01 Maret 2020 | 14:17
6 Destinasi Wisata di Sumba Barat Daya yang Wajib Dikunjungi
Foto-Foto: Sam & Elizabeth
POPULER

ARAHDESTINASI.COM: Sumba Barat Daya dengan ibu kota kabupaten Tambolaka, memiliki banyak objek wisata alam dan budaya yang bisa dikunjungi. Kabupaten ini juga dikenal dengan atraksi adat pasola, perang persahabatan yang dilakukan dari atas kuda. Biasanya, pesta adat Pasola dilaksanakan di bulan Februari hingga Maret.

Namun, jangan khawatir jika tidak bisa hadir di bulan-bulan itu. Masih banyak yang bisa dilihat, mulai dari kampung adat, pantai, sampai menikmati senja indah di Pulau Sumba. Berikut 6 destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat menjelajahi Sumba Barat Daya.

1. Waikuri
Waikuri, salah satu tempat yang mesti didatangi ketika datang ke Sumba Barat Daya. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari pusat kota Tambolaka (Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya). Waikuri merupakan pantai dengan batu-batu karang besar dan tajam.

Batu-batu itu menghalangi gulungan ombak, sehingga kolam air asin (laguna) yang ada di baliknya aman dijadikan tempat bermain air dan berenang. Ada tempat bilas setelah berenang, meski belum memadai. Penduduk setempat menyediakan air tawar di ember.

Pemerintah daerah setempat memfasilitasi jembatan kayu panjang agar wisatawan bisa melakukan penjelajahan dengan aman, tanpa takut tergores tajamnya batu karang. Jangan lupa, jika ada waktu menyaksikan merahnya matahari tenggelam di Waikuri.

S-WAIKURI3-DOK FLO&SAM

 

2. Pantai Mandorak
Ini salah satu pantai yang jadi surga tersembunyi di Sumba Barat Daya. Airnya biru, pasirnya putih, dan ada dua tanjung menjorok yang membentuk komposisi indah. Di pantai yang terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi itu, wisatawan bisa bermain air, atau sekadar menikmati pemandangan dan aktivitas nelayan.

S-Pantai mandorak-dok flo & sam

3. Watu Maladong
Panas menyengat jika datang siang hari di Watu Maladong yang terletak di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Balaghard. Namun, cuaca itu menambah keindahan biru air laut dan langit. Pantai Maladong terkenal dengan sebaran batu-batu besar yang cantik untuk latar foto.

IMG-20191122-WA0010_1

4. Kampung Adat Ratenggaro
Kampung Adat Ratenggaro terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Tambolaka. Ini salah satu kampung adat yang paling banyak didatangi wisatawan. Lokasinya cantik berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Masyarakatnya juga sudah terbiasa menerima kedatangan wisatawan. Mereka menggelar berbagai suvenir mulai dari kain tenun hingga tas.

S-RATENGGARO1-DOKFLO&SAM

5. Pantai Mbawana
Pantai Mbawa wajib didatangi. Meski harus jalan dengan medan lumayan curam, namun pemandangan yang didapat menghilangkan lelah. Batu berlubang besar seakan menjadi pintu gerbang Pantai Mbawana yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Tambolaka.

S-pantaimbawana1-DOKELISABETH

6. Tanjung Mareha
Tidak jauh dari Pantai Mbawana ada Tanjung Mareha. Sangat indah dengan pemandangan laut dan dentam ombak di bawahnya. Dari lokasi ini, Pantai Mbawana bisa terlihat. Jika memiliki kamera dengan lensa zoom, Mbawana bisa dipotret dari sudut dan keindahan berbeda. (*)

S-TANJUNGMAREHA1

KOMENTAR